2 Cara Memperbaruhi Sistem Color OS Oppo Semua Model dan Seri

Selamat malam, teman. Apa kabar? ketemu lagi dengan Mondonet. Kali ini, admin mau hadirkan tutorial fixed problem pada hape Oppo. Biasanya sih, soal Sistem Color OS. Nah, fixed utama adalah cara upgrade OS hape Oppo. Karena itu, jangan sampai lewatkan. Mengingat, pemakai hape ini sekarang banyak banget di Indonesia.

Ada dua cara untuk upgrade OS pada hape ini. Makanya, jika kalian ingin hape kalian up to date, luangkan waktu sejenak untuk baca tutorial di bawah ini. Oke, ngga usah tunggu lama, kita akan cek dua cara update OS pada hape Oppo. Dan ini untuk semua model.

Cara Update OS pada hape Oppo

Ada dua cara update, pertama dengan OTA atau dengan offline. Dan keduanya sama-sama menarik. Bahkan, keduanya bisa dicoba. Kalau OTA berarti harus online. Yuk simak.

Offline (Local) Update

Root dulu hape kamu. Kemudian kamu bisa lakukan trik ini. Memang biasanya, update dengan cara ini dilakukan oleh pengguna yang hapenya sudah diroot. Namun begitu, root tetap saja ada resiko, salah satunya bahkan bisa mati kalau tidak dilakukan oleh yang ahli. Nah, cara pertama ini, tentu saja hanya dilakukan bagi kamu yang sudah ahli. Paham, bukan? yuk simak caranya.

Langkah-langkah:

  1. Backup data di ponsel dulu, untuk menjaga hal yang ngga diinginkan
  2. Pastikan baterai ponsel minimal 65% maksimal 90 persen. Kalau 100% full, akan lebih baik
  3. Ambil full firmware Oppo, kemudian sesuaikan, ya dengan seri hape Oppo kamu. Cukup copy langsung filenya di memori ponsel (file tidak perlu di extract dan cukup letakkan di directory paling depan/bukan dalam folder).
  4. Sekarang, kalian masuk  ke ponsel OPPO, kemudian setting ke “Pengaturan ponsel > Tentang ponsel > Perbarui Sistem > Instalasi lokal > dan pilih file firmwarenya“. Akan muncul keterangan/Tip,pilih lagi “Tingkatkan Sekarang” atau “Hapus data dan memperbarui” (pilihan tergantung keterangan Tip yang muncul). Proses ini memakan waktu cukup lama. Nah, tinggal saja, sampai nanti ponsel restart sendiri.

Online Update (OTA)

Nah, dengan cara ini, kalian akan lebih mudah lagi. Karena semua hape Android bisa melakukannya. Karena itu, kalian yang belum mahir update dengan local alias ofline, coba pakai cara ini. Hanya butuh koneksi internet, kok. Kadang, justru muncul sendiri notifikasinya. Nah, untuk itu, coba deh pakai yang ini. Atau pastikan notifikasi di hape kamu aktif.  Bagaimana caranya? mari kita simak.

Langkah-langkah:

  1. Cara update mudah sekali. Kalian hanya perlu cek ke setting. Oke, tahapannya begini.
  2. Pastikan baterai full, minimal 80% isi.
  3. Kemudian pastikan sudah terkoneksi dengan internet, bisa WiFi ataupun paket data.
  4. Sekarang masuk ke menu pada hape, dan masuk ke menu “Pengaturan ponsel > Tentang ponsel > Perbarui Sistem“ jika sudah ada update, bisa langsung klik unduh. Jika belum, akan muncul notifikasi tidak ada.
  5. Tunggu sampai proses unduh selesai, dan akan instal sendiri.
  6. Selesai

Nah, itulah cara update OS pada hape Oppo. Cara ini bisa dipakai untuk semua model hape Oppo. Bahkan, semua seri lama juga bisa. Makanya, kali ini admin hadirkan tutorial ini secara spesial. Dan, tentu saja admin akan memberikan yang lebih lagi. Pada kesempatan yang akan datang, bukan cuma tutorial flashing, namun juga banyak lagi. Oke, sampai ketemu pada kesempatan yang akan datang. Salam.


Loading...